Abstraksi Materi
§ Tujuan Instruksional Umum dan Khusus
Tujuan
Instruksional Umum
Menerapkan
asas-asas filsafat ilmu terhadap peningkatan penalaran, permasalahan formal,
kegiatan keilmuan, yang bertujuan membangun paradigma keilmuan.
Tujuan Instruksional Khusus
1.
Peserta dapat memahami sejarah
lahirnya filsafat.
2.
Peserta dapat memahami
ontologi, epistemologi, dan aksiologi.
3.
Peserta dapat membedakan antara
ilmu dan pengetahuan.
4.
Peserta dapat memahami
perkembangan ilmu pengetahuan.
5.
Peserta dapat memahami peran
ilmu pengetahuan terhadap peradaban.
6.
Peserta dapat memahami
jenis-jenis ilmu.
§ Model Penyampaian
Ceramah dan dialog
Ceramah yaitu seorang narasumber menyampaikan
pokok-pokok materi di hadapan peserta, kemudian diteruskan dengan dialog untuk
mempertajam materi yang telah disampaikan.
Urgensi dialog adalah memberikan kesempatan kepada peserta untuk
bertanya mengenai persoalan yang belum jelas, sharing pendapat mengenai gagasan
dalam perspektif yang berbeda dengan apa yang disampaikan oleh narasumber,
mengkritisi suatu persoalan yang dipandang masih meragukan ataupun memberikan
gagasan-gagasan cerdas yang sebenarnya.
§ Alokasi Waktu
Alokasi waktu menjadi petunjuk bahwa untuk kegiatan yang
berbentuk ceramah dan dialog. Materi ”Pengantar Filsafat Ilmu” berdasarkan
dengan nilai dan tujuan dari
pengkaderan pralatihan kepemimpinan serta tecapainya TIU-TIK maka dibutuhkan waktu 3 jam.
§ Alat kelengkapan
1.
Ruangan yang kondusif, sejuk,
nyaman, dan tenang
2.
Perangkat sidang
3.
Papan tulis
4.
Spidol dan penghapus
5.
Sound system
§ Model Ruangan
Moderate Involvement, untuk menunjang model penyampaian
dalam bentuk ceramah dan dialog maka model ruangan didesain dengan model
moderate involvement.
§ Referensi
Referensi dimaksudkan sebagai petunjuk bagi para pemateri dalam
menyampaikan materi diatas dan peserta yang ingin mendalami materi . Atau dapat
dikatakan bahwa referensi dari materi ini merupakan materi pendalaman untuk
lebih mendalami dan memahami tentang Pengantar Filsafat Ilmu. Referensi untuk
materi tersebut adalah sebagai berikut:
Capra, Fritjof, Titik
Balik Peradaban, Bentang, Jakarta ,
1970
Gaarder, Jostein, Dunia Sophie, Mizan Pustaka, Bandung , 2002
Hatta, Mohammad, Alam Pikiran Yunani, UI Press, Jakarta , 1982
Kattsoff, Louis O., Pengantar Filsafat, PT. Tiara Wacana, Yogyakarta , 1992
Suriasumantri, Jujun S., Filsafat Ilmu. Sebuah Pengantar Populer,
Pustaka Sinar Harapan, Jakarta ,
1993
Falsafat Tuna
Mengenal Epistemologi
Rasionalitas Pemikiran Islam, Hasan Abu amar
Balada Manusia dan Mesin
Filsafat Hikmah
Seri Tokoh-Tokoh Filsafat
§ Pendamping.
Pendamping disini dimaksudkan sebagi pihak yang
bertanggung jawab untuk melakukan penilaian terhadap kondisi peserta dan
pemateri dengan tujuan dapat melakukan kontrol terhadap nilai, tujuan, dan
sasaran dari pengkaderan awal serta TIU dan TIK dari materi. Untuk kegiatan
pengkaderan awal mengingat konsep ruangan dalam bentuk kelas yang relatif
banyak maka paling tidak dibutuhkan pendamping 2 orang dalam setiap kelompok.
No comments:
Post a Comment
Yang Penting Komentar!